Blog Tausiyah275

Oktober 25, 2005

Onani di bulan Ramadhan

Filed under: HOT NEWS — Tausiyah 275 @ 1:21 am

Ini bermula saat aku melihat reference di blogku ini. Ada orang yg search dg keyword yg sama dg judul artikel ini, yakni: onani di bulan Ramadhan. Hmmm…nampaknya ini bisa dibahas, so aku cari dulu referensi2 yg terkait. (bagi yg belum membaca artikel tentang onani dalam Islam, anda bisa click di sini).

Dari artikel yg aku kumpulkan, aku rangkum sebagai berikut… Beberapa ulama mempunyai pendapat yg berbeda dalam menentukan hukum batal tidaknya shaum/puasa karena melakukan onani. Aku ambil sebuah pendapat saja, yg mempunyai penjelasan paling baik…(mudah2an bisa dijadikan referensi bagi rekan2).

Dari Majaalis Syahri Ramadhan karya Syeikh Ibnu ‘Utsaimin, Syeikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin pernah ditanya tentang seseorang yg melakukan onani di siang hari pada bulan Ramadhan, adakah akibat atas perbuatannya itu?? Beliau menjawab, ada 4 (empat) akibat atasnya:
1. (pahala) Shaumnya pada hari itu batal.
2. Ia wajib melanjutkan shaumnya sampai matahari terbenam.
3. Ia wajib meng-qadha shaum hari itu (saat dia beronani) sebelum tiba Ramadhan berikutnya.
4. Ia harus segera bertaubat atas dosa yg ia perbuat, karena ia merusak shaumnya pada bulan Ramadhan.

Sedangkan bila keluar mani KARENA MIMPI, Syekh menjelaskan bahwa TIDAK APA2 (tidak ada hukum yg dikenakan padanya). Dengan kata lain, jika MIMPI BASAH DI BULAN RAMADHAN, maka dia TERUSKAN saja puasanya, dan tidak perlu mengganti di lain hari.

Demikian artikel ini dibuat, semoga bermanfaat.🙂

47 Komentar »

  1. kok bisa dipertanyakan batal atau ga batal kalo onani? pan dah jelas2x itu tidak menahan nafsu dan hampir = berhubungan seks?

    namanya juga orang sedang googling, Nda…jadi mungkin dia berpikiran onani != berhubungan sex. :p makanya aku pasang artikel ini untuk menjelaskan. trims Nda🙂

    Komentar oleh enda — Oktober 25, 2005 @ 6:49 am | Balas

  2. saya juga pernah melakukanya di bln ramadan kemarin rasanya enak

    hwadoh…puasa2 kok onani?? ck ck ck…*geleng2 kepala…*

    Komentar oleh ILHAM — November 15, 2005 @ 6:44 am | Balas

  3. makasih, cos hari ni aku bingung bgt musti gmn. cos ga tau knapa tadi pagi aku onani. and keluar, tapi aku ga tau itu mani atau madzi. kasih tau cara bedainnya dong……………. cos beda ‘saat mulai’ dan ‘saat puncak’ itu gak jelas.trims

    Komentar oleh AYUMI — September 28, 2006 @ 1:08 pm | Balas

  4. yang saya mau tanyakan tadi pagi saya onani,pada saat itu aku bermimpi melakukan sexs.pass..keluar saya terbangun dari tidur, karena saya merasa ragu-ragu apakah nilai pahalaku berkurang atau puasaku batal, karena ini suatu ketidak sengajaan.

    Komentar oleh Diaraya — Oktober 6, 2006 @ 3:53 pm | Balas

  5. aku pernah onani d bulan puasa, oh rasa nikmat banget deh! trus puasanya g batalin gmana donk apa harus d bales dengan membayar denga puasa lagi?

    Komentar oleh pandu — Oktober 17, 2006 @ 12:21 pm | Balas

  6. ya kalau dah ga kuat mau gmn lg ,lakukan sepuasmu,temen ku ja onani sehari 3X sampai yg keluar bukan mani lagi tapi yg keluar tuh darah jadi it’s allright.OK

    Komentar oleh fuji — Januari 10, 2007 @ 1:06 pm | Balas

  7. Coy, tau.. kagak sebenarnya onani tu lebih nikmat dari pada berhubungan intim, didalam onani kita bisa berfantasi apa saja, dan satu lagi tips gue kalau mo enak onani pakai timun aje, tapi tengahnya dibolongin ye!

    Komentar oleh Arisman — Februari 6, 2007 @ 2:08 pm | Balas

  8. tau kagak sobat, onani sih emang buat tenang dan ketagihan tapi, setelah kita melakukan onana kita akan merasa bersalah, dan masih ada lagi penderitaan y dilalui:
    1.lo bakal merasa dirilu kagak berarti
    2.muka lo cepat tua
    3.badan lo serasa mau putus-putus semuanya
    4.kepallo pening, dan matalo rasanya mau keluar
    5.kalo lo cobak lari paling paten 10 tiang telkom, setelah itu dungkul lo ngilu men…!
    6.yang pasti lo bakal malas beraktivitas dan..
    7.lo jadi pemalas dan pelupa

    Komentar oleh Arisman — Februari 6, 2007 @ 2:15 pm | Balas

  9. sobat jujur ni ye gua juga sering nglakuian coli 2 x semiggu malah rasanya eunaxxe puooool max nyus dar pada kita maen jablay kan gax ada salah nya iya gax

    Komentar oleh rudi darmawan — April 9, 2007 @ 7:22 pm | Balas

  10. aku ingin bertaubat dari kebiaassan jorok itu
    tapimengapa taubat saya kok gagal terus

    Komentar oleh inun — Mei 21, 2007 @ 10:34 pm | Balas

  11. gue ‘N’..gue sering melakukan onani. kadang2 gue sering menghayal di kala gue melakukan itu…heheheehe emang sech merasa merem melek.

    Komentar oleh sofi — Mei 25, 2007 @ 9:02 am | Balas

  12. berjuang lah sobat utk tdk melakukannya lg!sedikit demi sedikit saja…jika kamu seorang yang beragama, kamu pasti bisa merasakan di dalam hati kamu perasaan bahwa kamu telah lupa bahwa Tuhan kamu melihat segala sesuatu yg kamu kerjakan!…bayangkan kalau kematian datang saat kita sedang melakukan hal tersebut !!!

    Komentar oleh toronton — Juli 24, 2007 @ 7:05 pm | Balas

  13. kalo ngelakuinnya pas malam ramadhan, gimana tuh?

    Komentar oleh NOIR — September 16, 2007 @ 9:37 am | Balas

  14. pas ramadhan taun ni
    q dah 2x onani pada malem hari

    puasaQ jd gmn ni?

    Komentar oleh irwan — September 17, 2007 @ 11:38 pm | Balas

  15. aq jg sring onani kdng2 3x sehari an aq smpai ke tagihan, tp sjk rmdn ini aq blm pernah melakukanx

    Komentar oleh fahrezy — September 20, 2007 @ 6:15 pm | Balas

  16. hai..all mau nanya nieh Hukumnya onani sama di suck sama gak yah?? soalnya aku pernah bulan puasa istriku gak kuat pengen gituan gw jwb jgn gak boleh tapi dia maksa terus bingung gw terus kata gw ya udah gpp jgn di masukin di suck aja gituh…gimana hukumnya?????

    Komentar oleh sapi — September 22, 2007 @ 2:17 pm | Balas

  17. aq sering juga sich ngelakukannya abiss enak sich mau gimana lagi dr pada ditahan2 nanti malah trjadi pencabulan/perkosaan ya nggak friends…!

    Komentar oleh pardjo — September 25, 2007 @ 10:03 pm | Balas

  18. Kalo Misalnya kita abis bangun tidur, kita memainkannya tp tdk onani. Ketika kita sudah berhenti melakukan itu tiba2 keluar air mani . batal ga?

    Komentar oleh Dimaz — Oktober 5, 2007 @ 5:11 pm | Balas

  19. saat melekukan onani harus mandi wajib gak

    Komentar oleh rio — Oktober 6, 2007 @ 8:07 am | Balas

  20. ass… stelah saya baca dibanyak artikel tentan hal ini emang banyak banget pengaruhnya buat gw… pertama frekuensi mastubrai menjadi semakin menurun dibanding dulu yang maybe hampir tiaphari gw lakuin.
    tapi guys.., percaya deh ama gw ini bener2 gak ada gunanya sama sekali. sekali lo terjerumus hal ini akan semakin terus lo lakuin, lagi and lagi….
    menurut dokter yang pernah gw hubungi efek secara jasmani yang berpengaruh terhadap kita (read: komentar no 8 from arisman) itu sama sekali gak ada. efek lutut lo kopong lah atau apalah emang gak ada. tapi secara gak sadar gw ngalamin sendiri dan itu bener2 susah untukl lepas dari nikmat sesaat itu. pertama yang harus lo fikirin adalah gimana kalo lo jadi seorang yang sering banget dikejar-kejar perasaan bersalah. kedua fikirkan jika lo orang yang amat smart tapi mendadal jadi sedikit pelupa dan bahkan sebagaimana yang gw alami gw orang yang bisa cepet hafal suatu mata kuliah dengan sekejap tapi guysss stelah itu gw bisa lupa dalam sekejap. mungkin oramng fikir itu bukan karena onani, tapi percaya atau tidak gw ngalamin hal ini terus menerus karena hal ini trerjadi setelah gw ngelakuin hal biadab ini.
    kita, gw and lo kaum laki-laki harus sama sama berperang untuk mengatasinya, sebelums semuanya terlambat.

    Komentar oleh ma2nk — Oktober 6, 2007 @ 4:50 pm | Balas

  21. adus sejujurnya kebiasaan ‘biadab’ ini sangat menyiksa aku, beneran rasanya buat sangat adiktif, klo seandainya ni ‘alat’ bisa tenang mungkin bs lurus jg iman aku, aduh pusing deh..manusia masuk surga karna Ridho Allah SWT, tapi manusia masuk neraka karena dosanya, n takutnya ni ‘alat’ bener2 jadi salah satu sumber dosa aku, ampun…
    klo ada para sahabat yg punya tips ngilangin kebiasaan ini kasi tau aku ya,thanks

    Komentar oleh glory — Oktober 9, 2007 @ 9:44 pm | Balas

  22. hehehe….. ternyata yang pusing ngga hanya aku ya? hehe..
    alhamdulillah, puasa ini dapat ilmu…
    percaya deh, kuncinya itu di”mensucikan hati”… bagaimana caranya? berdiam diri sama Alloh. berzikir. merenung. komunikasi hati. sharing. curhat sama Alloh…
    kalo mau kita ikutin itu onani, hmm, ngga ada berhentinya.. wanita itu selalu menarik.. selalu… dan mani itu ada lagi setelah dikeluarin. selalu..
    artinya apa? artinya, keputusan ada di kita. mau berhenti atau terusin..
    sejauh yang aku lakukan selain mensucikan diri (tiap hari!!) adalah perbagus fisik kita, olahraga, body building atau aktivitas yang lain. biar apa sih? biar dendam syahwat ini tersalurkan.. lho koq bisa? iya, soalnya khan kita orang udah dibuat pusing ama wanita2, nah, sekarang dendamnya adalah buat wanita itu pusing dengan kita :p hehehe..

    pasti nanti ada balasan yang jauh lebih baik dari Alloh untuk sabarnya kita menahan syahwat. pasti! pasti!!

    Komentar oleh rendy — Oktober 11, 2007 @ 2:36 pm | Balas

  23. makanya segala sesuatu itu harus pakai ilmu, banyak hal yang kita yakini bener gak dilakuin, yang gak jelas dicobain atau dipersoalkan kalo udah gitu tanggung sendiri waktu lo terbuang & kredit point buat nanti diakhirat jadi minim

    Komentar oleh immu — Oktober 12, 2007 @ 1:07 am | Balas

  24. Pada dasarnya setiap kita melakukan kejelekan, maka Allah akan mencabut nikmat yang telah diberikan kepada kita. Sebagai contoh adalah Memang tidak ada efek apapun ketika kita melakukan onani, tapi koq bisa lupa ingatan terhadap halhal tertentu.
    Secara medis memang tidak terbukti, bahkan ada orang yang onani tapi dia masih ingat terhadap hal-hal yang ia ingat.
    Namun ada hal yang lainnya yang membuatnya kurang.

    Sebagaimana ancaman Allah,apabila tidak mematuhi perintahnya maka sudah tentu akan dicabut nikmat tersebut. Nikmat yang diberikan Allah itu banyak.

    ingatan, kesehatan, akal dan sebagainya.

    Maka dari itu daripada onani, mendingan menikahlah. bukankah lebih baik ke tempat yang benar daripada onani? Sebab menikah itu akan lebih dan anda juga sebenarnya mengetahui hal itu.

    “Saya melakukan onani untuk menghindarkan diri dari zina”

    OK, menghindarkan diri dari zina, tapi apakah anda sudah berusaha untuk menikah? Kalau jawaban anda, “Saya belum mampu menikah”. Maka berusahalah.

    Orang yang melakukan onani sangat berdosa, karena mereka tak bisa menahan kemaluan mereka. Allah sudah menjelaskan agar mereka kembali kepada istri-istri atau budak mereka. Lalu kenapa hal itu tidak dilakukan? Apakah anda tidak mau diatur oleh Allah, padahal Allah itu sebaik-baik pengatur.

    Apakah anda anggap aturan Allah itu seperti aturan lalu lintas yang terkadang kita langgar? Kalau aturan lalu lintas mungkin kita kena tilang, tapi aturan Allah? Salah-salah hukumannya adalah api.

    Takutlah terhadap hari di mana setiap anggota tubuh kalian berbicara atas apa yang telah kalian lakukan. Sedangkan mulut kalian tertutup. Takutlah terhadap hari di mana kalian tidak bisa membela diri kecuali amal-amal baik kalian di hari akhir.

    Komentar oleh exblopz — Oktober 29, 2007 @ 2:42 pm | Balas

  25. AssalaMu’alaikum…
    Emang Sih Di Zaman Skrng Ini,Banyak Cobaannya,Mungkin Bumi engga Lama Lagi,Dah Banyak Yang Berbuat M’asiat, Klw Bumi Mau Teriak,pasti Diak Teriak Dari Dulu,”Ane, pernah riset sendiri dlm jangka Sebulan, Ternyata allah Dah kasih Jatah kita tuk Bersenggama,( Dalam Mimpi )Caranya ;
    1.Sebelumnya aktifitas Yg Tinggi ; Belajar, Olahraga, dah Cape’ Trus Tidur, Tapi Ingat Jgn Lupa Berdo’a
    2. Tidurnya , Jgn Mikir Urusan Dunia,coba baca ayat kursy sampai Ketiduran..
    Pasti deh mimpinya Indah Banget…Sst cuma Antum Yang Merasakannya, pokoknya Tidak Bisa Disebutin Deh..
    Wassalam.

    Komentar oleh Belajar dari Pengalamanlajar dari Pengalaman — Desember 26, 2007 @ 3:55 am | Balas

  26. onani.. emang menyenagkan,tapi sulit dilawan,, saat tiba-tiba tegang,, atau terpegang.. atau apalah.. mak kegiatan itu akan terjadi saja buat gue,, so pasti… making fly.. lah,, bayangngin cewk telanjang,, tapi dibalik itu,, bener gak ada unutngnya

    Komentar oleh zirasy — Agustus 5, 2008 @ 10:23 pm | Balas

  27. emang sih enak tapi gimana dong sahabat cara meninggalkannya aku terasa tersiksa melakuakn itu tapi apa daya aku tak kuat meninggalkannya

    Komentar oleh dendy — Agustus 15, 2008 @ 3:49 pm | Balas

  28. kalau pengen jelas liat yang suka onani liat aja telapak tangannya pasti tumbuh bulu..hihihihi

    Komentar oleh gelex — September 7, 2008 @ 2:55 am | Balas

  29. Ramadhan kemarin saYa meLihat bF, kRn treiDak taHan ingin meNgeLuarkan caiRan itu…..

    kRn bRu perTama kaLi puasa dLm keaadaan meNahan nFsu biRahi(baRu baLigh)

    inTinya berPuasa deNgan menahan naFsu biRahi itu suSah aPa laGi paDa kaLi peratama…

    kLo buwat mengqhada”x niatr”x gMn???

    tOLong d Jwb ya….

    Komentar oleh nIjaru — Oktober 11, 2008 @ 4:03 pm | Balas

  30. wah bener baget ,.,.gw jg dulu sering bange ngelakuin tp gw trus berusaha u/ ngelawan keinginan itu,.,solat , n gw sering berdoa gimana caranya supaya gk onani lg,ternyata gk membuahkan hasil.,.banyak efek yang timbul cuy dr onani,.,

    muka u gk bercahaya alias kusem ; sering pelupa ; pala u pusing ;bawaan gk enak trus cos kita selalu dihantui rasa bersalah ; u/ kedepan bisa berakibat enjakulasi dini,.,.,

    gw bisa ngurangin kebyasaan itu setelah gw dapetin ce yang bisa suport gw untuk gk onani lg,dia tau semua tntang laki2 cuy,.,.,n lebih deketin diri sama Ajawajala “Allah” dia tau apa yg kita lakuin,.,gw udah jalan selama 3 bln sama dia ,sejak gw jadian ama dia ampe sekarang gw gk pernah ngelakuin onani lg,.,.,satu lg yang paling penting jangan tinggalin solat 5 waktunya,.,karna “SOLAT DAPAT MENCEGAH PERBUATAN KEJI & MUNGKAR”

    Mungkin itu aja tmtm semua,yang bisa gw kasih ma lo2 smua,.,
    tetep semangat lawan keinginan U/ onani sekuat u,.,lo2 semua pasti bisa,Ocree.,.,

    Komentar oleh ZOO — Maret 16, 2009 @ 12:43 pm | Balas

  31. sungguh pengalaman yang memalukan..
    Qw menyesl,ingin memperbaiki diriku

    Komentar oleh lutfi — Agustus 28, 2009 @ 3:05 pm | Balas

  32. klo d lakukan malam hari, trus lupa gag mandi junub, trs paginya shur n puasa apa puasanya itu jg batal.?????

    Komentar oleh RIKO — September 10, 2009 @ 5:34 am | Balas

  33. G A R D O T !!! ( nGGa Da oTak )

    Komentar oleh DidiethLewie — September 15, 2009 @ 1:29 am | Balas

  34. kawan hal tidak patut kita diskusikan karena menurutku, hal tersebut bukannya harus kita diskusikan, but harus kita tinggalkan. gampangnya begini kalo kita sekarang sering gituan jangan salahkan murid kita suatu saat jadi sering zina (guru kencing berdiri murid kenceng berlari). sorry kawan y aaaaaaaaaaaaa bukannya sok, memang kenyataannya kayak gitu kok. salam perdamaian (peace on this earth)

    Komentar oleh yazid — September 20, 2009 @ 1:38 am | Balas

  35. yg lelaki lajang buatlah lupa siAnu kalian, lakukanlah hal hal yg positif aja deh-contohnye,maen ps,olah raga, dengerin musik, ato puasa ,biar lupa tu siAnu kalian..

    Komentar oleh adam — Agustus 17, 2010 @ 6:05 am | Balas

  36. bagaimana jika …
    blm tau kalau beronani didlm bulan puasa itu batal..

    jika sudah tahu,jangan diulangi🙂

    Komentar oleh Rakka — Agustus 19, 2010 @ 11:44 am | Balas

  37. gimana ya…
    kalo lagi gak kuat nahannya, sampe puasa juga, masih aja kepengen,…
    kemaren, abis dhuhur, tiba2 keinginan itu datang, alhamdulillah bisa kuatasi..
    tapi besok2nya datang terus…. diusir pake ngaji… yah,,,.. ilangnya bentar doang,,…
    finlly i was surrrender… i did it abis sholat magrib…the istimna/onani…..
    finally,.. rasanya gua plong… enjoy lagi and bisa lebih konsen sholat, tahjjud, dan ibadah lagi…
    gimana tuh???

    Komentar oleh akka — Agustus 22, 2010 @ 1:43 pm | Balas

  38. oh nani,,,knapa engkau begitu menggoda banyak kaum adam,,,???bagai mana kalau kita ganti aja namanya jangan onani,,,tapi orang gila,,,hehehehe

    Komentar oleh eko — Agustus 27, 2010 @ 6:21 am | Balas

  39. Makannya pada cepet nikah.. biar ada penyaluran yang halal..

    Komentar oleh Yusuf al-Fajri — Agustus 28, 2010 @ 10:24 am | Balas

  40. kemarin malam saya melakukan onani teruz paginya saya menjalankan ibadah saum tetapi tidak melakukan mandi junub apa hukumnya?puasa saya batal tidak?

    puasa sah,tapi anda mesti cepat mandi junub agar tidak ketinggalan sholat subuh

    Komentar oleh hamdan — September 9, 2010 @ 6:31 am | Balas

  41. sangat bermanfaat bagi kita para pemuda payah yang sedang mencari jawaban, tapi puasa kan untuk menahwan syahwat masa sih mau onani saat puasa? sia sia do ong?

    Komentar oleh d-quote — Juli 22, 2011 @ 8:56 am | Balas

  42. Menurut Gue Tujuan Puasa adalah untuk menahan dan menundukan hawa nafsu. termasuk nafsu yang satu itu.

    Agar nafsu tsb dapat tersalurkan dengan benar menurut hadist yang saya ketahui solusinya :
    1. menikah bagi yang sudah sanggup lahir dan batin.
    2. berpuasa bagi pemuda/i yang belum sanggup.

    nah puasa adalah solusi kedua. pertanyaannya puasa yang bagaimana? tentu bukan asal puasa tapi berpuasa lah karena Takut kepada Allah.

    Ketahuilah bahwa Allah itu senantiasa melihat kita. coba bayangkan kalo anda “Onani” didepan orang tua anda, malu atau tidak. Jika anda malu maka sudah seharusnya anda malu kepada Zat yang Maha Melihat.

    Sedang untuk berhubungan suami istri di bulan Ramadhan tentu bagi yang sudah halal diperbolehkan mulai dari waktu berbuka (magrib) sampai dengan waktu Shubuh. Halal dilakukan pada waktu tersebut. Yang haram adalah dilakukan mulai subuh hingga magrib.

    Saya rasa itu sedikit dari saya.

    Komentar oleh FRIEND — Agustus 10, 2011 @ 10:52 am | Balas

  43. klo misalkan onani pada mlm hri trs lpa mnd krna ktdran apkh puasa nya btal.? mksh ats jwbn nya.

    Komentar oleh nurul taufik — Juli 13, 2013 @ 11:43 am | Balas

    • mas Nurul,puasa tidak batal karena anda belum mandi besar/mandi wajib. tapi anda tidak bisa/tidak boleh sholat subuh sebelum anda mandi wajib/mandi besar.

      demikian

      Komentar oleh Tausiyah 275 — Juli 13, 2013 @ 7:34 pm | Balas

  44. astaghfirullah ,,
    bnyak” memhn ampun pd allah

    krn stiap umat adam tk pnah lupt dri kslhn,,

    dunia dicptkn ntk qt t’vhe qt dcptkn untk akhrt ,sunGguh ampnn allah tu luasn janji” allah itu psty

    sobt Que smua ingtlah dunia tu smntra n akhrt slma”x ..

    taubath dgn sbnr”x taubt,, ingat mati,ingat lo qt d,kbr nnty smua anggta tbuh kan bcra n mulut akn d’knci..
    Tdk tktkh kalian dgn azab” allah
    mk ap gna lg jk allah murka Pd-mu

    mka snntiasa bcrknlh kbsran” allah agr qt tkt pd-nya,,

    taubatanNasuha..

    Komentar oleh ibnu thuqqiel — Februari 2, 2014 @ 1:24 am | Balas

  45. Ya allah tolonglh qMie smua ,ssungghx kaulh sebaik” penlong..

    jgnlh klian suka mmbka kbrkan org laen,.

    Brng cf mnupi aib sdra muslim mk allah akn ttpi aibx d’dnia n akhrt dn brng cf m’bka aib sdra muslim mk allah akn buka aibw d.Dnia dn akhrt hngga dprmlukn d’rmhw sndry…

    Smga b’mnfaat slam ukhwah islamiah

    Komentar oleh ibnu thuqqiel — Februari 2, 2014 @ 1:39 am | Balas

  46. […] tambahan ketiga hal di atas hanya berlaku bagi yg melakukan hub suami istri. Sementara apabila melakukan onani di siang hari saat bulan Ramadhan, maka ketiga hal tersebut tidak berlaku. Sepemahaman saya, untuk onani cukup mengganti puasanya di […]

    Ping balik oleh Hukum Berhubungan Suami Istri Di Siang Hari Saat Bulan Ramadhan | Blog Tausiyah275 — Agustus 2, 2014 @ 5:54 pm | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: